E-BUSINESS & E-COMMERCE



E-business merupakan interaksi bisnis dengan eksternal organisasi dengan memanfaatkan teknologi TI. Penggunaan TI khsusunya teknologi jaringan dan komunikasi untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya atau proses internalnya.

e-business juga dikatakan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Memungkinkan perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efektif dan efisien.

Berbeda dengan e-commerce yang lebih merujuk pada pelaksanaan transaksi bisnis seperti pembelian dan penjualan secara elektronik. E-commerce mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, atau pertukaran produk, layanan atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.

Sistem e-commerce melibatkan arsitektur perangkat lunak dan perangkat keras yang akan terus berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi, sebagai strategi pengembangan dan penerapannya pun akan berjalan seiring dengan siklus hidup perusahaan.

E-commerce business strategy :
1.      Kemampuan untuk melakukan learning harus dimiliki oleh segenap stakeholders perusahaan, lebih dari hanya sekedar “knowing” mengenai perkembangan teknologi informasi.
2.      Memahami mengenai apa yang dapat dan mungkin dilakukan e-commerce untuk peningkatan kinerja bisnis perusahaan di berbagai aspek.
3.      Mewujudkan operasional. Kunci dari prosedur pelaksanaan strategi adalah proses bisnis.
4.      Menentukan komponen-komponen objek bisnis (modul aplikasi) yang diperlukan untuk membangun model bisnis tersebut.
5.      Technology infrastructure, pengembangan sistem e-commerce yang adaptif dengan perubahan yaitu dengan menggunakan paradigma komponen bisnis objek hanya dapat dilakukan jika perusahaan memiliki infrastuktur.

Manfaat dan keterbatasan e-commerce adalah sebagai berikut:
Perusahaan :
1.      Ketersediaan pasar nasional dan internasional
2.      Penurunan biaya pemrosesan
3.      Distribusi
4.      Penarikkan informasi
Manfaat utama untuk pelanggan :
1.      Akses ke jumlah besar produk dan jasa
2.      24 jam sehari
3.      Mudah dan nyaman memberikan layanan informasi produk ke orang di kota dan desa

Mekanisme Utama E-Commerce :
1.      Katalog Elektronik (basis data produk, direktori dan kemampuan pencarian serta fungsi presentasi)
2.      Lelang Elektronik (proses bersaing di mana penjual menyebutkan berbagai tawaran dari pembeli atau pembeli mempertimbangkan tawaran dari penjual)
3.      Barter Online (pertukaran barang atau jasa yang didukung secara elektronik tanpa ada transaksi uang)
Dalam e-commerce juga terdapat dua mekanisme belanja online yang terkenal (B2C) yakni :
1.      Ruang Pamer Elektronik
a.       Ruang Pamer Khusus (menjual satu atau beberapa produk)
b.      Ruang Pamer Umum (menjual banyak produk)
2.      Mal Elektronik : Kumpulan berbagai toko terpisah di bawah satu alamat internet, memiliki ribuan penjual. Seperti mataharimall.com, glodokshop.com, dst.

Selanjutnya B2B di mana para pembeli, penjual, dan berbagai transaksi melibatkan perusahaan saja, terdapat dua model dalam B2B yaitu :
1.      Pasar Penjualan : di mana perusahaan mencoba untuk menjual berbagai produk atau jasanya ke perusahaan lain secara elektronik dari pasar elektroniknya dan atau dari situs pihak ketiga. Mekanisme utama dalam penjualan B2B adalah katalog elektronik dan lelang ke depan.
2.      Pasar Pembelian : perusahaan mencoba untuk membeli produk atau jasa yang dibutuhkan dari perusahaan lain secara elektronik. Model utama untuk pembelian barang dan jasa ini adalah lelang terbalik.
3.      Perdagangan Elektronik : terdapat banyak penjual dan pembeli, di mana terbuka untuk semua pihak, dioperasikan oleh pihak ketiga
Etika dalam E-Business
Privasi :
1.      Melindungi identitas pembeli.
2.      Penelusuran berbagai aktivitas individu di internet oleh agen inteligen dan cookies.
3.      Disintermidasi (Peniadaan perantara dalam e-commerce)

Isu Hukum
Penipuan di internet :
1.      Penggunaan nama domain (memperjualbelikan nama domain yang sesuai dengan nama perusahaan).
2.      Pajak dan biaya lainnya, penjual harus membayar pajak lisensi bisnis, biaya franchise
3.      Hak cipta

Comments

Popular Posts