TELECOMUNICATION & MOBILE COMPUTING



1.      INTERNET DAN WORLD WIDE WEB

INTERNET merupakan singkatan dari interconnection network yakni hubungan dua arah (mengirim dan menerima). Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari karena manusia adalah makhluk sosial, dan internet menyediakan itu.
Internet juga disebut jaringan dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik dengan sebuah kabel. Hubungan kedua komputer tersebut kemudian diatur dan dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.
Macam-macam network untuk menunjang internet :
·      Local Area Network (LAN) : Suatu jaringan komputer yang masih berada dalam satu Gedung atau ruangan seperti digunakan di rumah, perkantoran, industri, akademi, dll.
·   Metropolitan Area Network (MAN) : Jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar.
·   Wide Area Network (WAN) : Jaringan komputer yang mencakup area yang besar misalnya jaringan komputer antar wilayah, kota bahkan antar negara.

2.      TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Teknologi komunikasi ialah sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan memanfaatkan alat-alat telekomunikasi.
Berikut komponen-komponen sistem telekomunikasi :
1.      Komputer (terminal pengirim) : untuk mengirimkan data / informasi.
2.  Media Transmisi : Jalur komunikasi yang akan membawa data yang dikirimkan dari sumber data ke penerima.
3.    Pemroses Komunikasi : Alat pendukung transmisi data seperti modem, multiplexer, front-end, switching, dll.
4.  Perangkat Lunak Komunikasi : Perangkat yang akan membantu mengendalikan proses komunikasi data.
5.    Komputer (terminal data)


3.      TEKNOLOGI NIRKABEL

Teknologi nirkabel atau wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahay tertentu misalhnya teknologi infra merah pada remote TV, atau gelombang radio dengan frekuensi tertentu (Bluetooth pada komputer).
Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup mengganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari dua piranti bersamaan. Kekurangan teknologi ini adalah kemungkinan interferensi terhadap sesame hubungan nirkabel pada piranti lainnya.



4. JARINGAN KOMPUTER NIRKABEL DAN AKSES INTERNET

Hal ini sangat berkaitan dengan tipe jaringan nirkabel itu sendiri, berikut tipe jaringan nirkabel, yakni :
1.  Wireless Wide Area Networks : Memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat.
2.    Wireless Metropolitan Area Networks : Memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan, dan ini bisa dicapai tanpa biaya fiber optik atau kabel tembaga yang terkadang sangat mahal.
3.    Wireless Local Area Networks : Teknologi ini membolehkan pengguna untuk membangun jaringan nirkabel dalam suatu area yang sifatnya local seperti Gedung kantor, kampus, bandara, kafe).
4.  Wireless Personal Area Networks : Teknologi yang membolehkan pengguna untuk membangun suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon seluler, atau laptop.

5. MOBILE COMPUTING DAN MOBILE COMMERCE

Komputasi mobile didesain untuk pekerja yang melakukan perjalanan diluar batas organisasinya atau bagi setiap orang yang melakukan perjalanan diluar rumah. Menjadikan komputer cukup kecil agar mudah dibawa-bawa. Peralatan komputasi mobile adalah seperti PDA, laptop, peralatan genggam.
Komputasi mobile membuat komputer cukup kecil agar mudah dibawa-bawa, menggantikan kabel dengan media komunikasi nirkabel. Kombinasi keduanya menggunakan peralatan mobile di dalam lingkungan nirkabel (internet atau intranet).

Perdagangan mobile atau mobile commerce merupakan perdagangan yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel khususnya menggunakan internet.
Mobile commerce memiliki atribut khusus, antara lain :
1.   Mobilitas : Portabilitas, pengguna dapat melakukan kontak langsung dengan sistem lain dari mana saja yang memiliki koneksi internet.
2.      Jangkauan Luas : Pengguna dapat terjangkau kapan dan di mana saja.

6. KOMPUTASI PERVASIVE

Komputasi pervasive adalah lingkungan yang menggunakan basis IT yang sudah menyatu, dan dipakai sehari-hari sehingga kebanyakan orang tidak menyadarinya.
Aplikasi dari pervasive computing antara lain :
1.      Smart homes
2.      Smart applications
3.      Smart cars
4.      Smart “things”
5.      Large Scale Pervasive Systems

7. KEAMANAN NIRKABEL

Jaringan WLAN menggunakan jaringan media komunikasi berupa gelombang elektromagnetik yang tidak dibatasi ruang tetapi hanya dibatasi oleh daya pancar gelombang elektromagnetik tersebut. Dalam hal ini klien mempunyai kebebasan dalam menangkap isyarat data di sembarang tempat yang dapat dijangkau gelombang tersebut.
Berikut metode keamanan untuk jaringan nirkabel :
1.  Wired Equivalent Privacy : Metode untuk menghentikan intersepsi isyarat gelombang elektromganetik oleh user yang tidak berhak. Metode ini dilakukan dengan cara memberi semua klien dan access point dengan kunci enkripsi dan deskripsi yang sama.
2.   Service Set Identifier : Metode yang dilakukan dengan cara memberi suatu SSID yang berlaku sebagai password sederhana yang memungkinkan suatu jaringan WLAN dipisahkan dalam beberapa network yang berbeda. Pengenal ini deprogram dalam access point, sehingga semua klien yang akan mengakses jaringan ini harus dikonfigurasi menggunakan pengenal SSID yang sesuai.

Comments

Popular Posts