TELECOMUNICATION & MOBILE COMPUTING
1.
INTERNET
DAN WORLD WIDE WEB
INTERNET
merupakan singkatan dari interconnection network yakni hubungan dua arah
(mengirim dan menerima). Internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari karena
manusia adalah makhluk sosial, dan internet menyediakan itu.
Internet
juga disebut jaringan dua komputer atau lebih yang terhubung secara fisik
dengan sebuah kabel. Hubungan kedua komputer tersebut kemudian diatur dan
dioperasikan dengan perangkat lunak khusus.
Macam-macam
network untuk menunjang internet :
· Local Area Network (LAN) : Suatu jaringan
komputer yang masih berada dalam satu Gedung atau ruangan seperti digunakan di
rumah, perkantoran, industri, akademi, dll.
· Metropolitan Area Network (MAN) : Jaringan
komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar.
· Wide Area Network (WAN) : Jaringan
komputer yang mencakup area yang besar misalnya jaringan komputer antar
wilayah, kota bahkan antar negara.
2.
TEKNOLOGI
KOMUNIKASI
Teknologi
komunikasi ialah sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari suatu
lokasi ke lokasi yang lain dengan memanfaatkan alat-alat telekomunikasi.
Berikut
komponen-komponen sistem telekomunikasi :
1. Komputer
(terminal pengirim) : untuk mengirimkan data / informasi.
2. Media
Transmisi : Jalur komunikasi yang akan membawa data yang dikirimkan dari sumber
data ke penerima.
3. Pemroses
Komunikasi : Alat pendukung transmisi data seperti modem, multiplexer,
front-end, switching, dll.
4. Perangkat
Lunak Komunikasi : Perangkat yang akan membantu mengendalikan proses komunikasi
data.
5. Komputer
(terminal data)
3.
TEKNOLOGI
NIRKABEL
Teknologi
nirkabel atau wireless adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk
bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahay
tertentu misalhnya teknologi infra merah pada remote TV, atau gelombang radio
dengan frekuensi tertentu (Bluetooth pada komputer).
Kelebihan
teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup mengganggu
secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari
dua piranti bersamaan. Kekurangan
teknologi ini adalah kemungkinan interferensi terhadap sesame hubungan nirkabel
pada piranti lainnya.
4. JARINGAN
KOMPUTER NIRKABEL DAN AKSES INTERNET
Hal
ini sangat berkaitan dengan tipe jaringan nirkabel itu sendiri, berikut tipe
jaringan nirkabel, yakni :
1. Wireless
Wide Area Networks : Memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel
melalui jaringan publik maupun privat.
2. Wireless
Metropolitan Area Networks : Memungkinkan pengguna untuk membuat koneksi
nirkabel antara beberapa lokasi di dalam suatu area metropolitan, dan ini bisa
dicapai tanpa biaya fiber optik atau kabel tembaga yang terkadang sangat mahal.
3. Wireless
Local Area Networks : Teknologi ini membolehkan pengguna untuk membangun jaringan
nirkabel dalam suatu area yang sifatnya local seperti Gedung kantor, kampus,
bandara, kafe).
4. Wireless
Personal Area Networks : Teknologi yang membolehkan pengguna untuk membangun
suatu jaringan nirkabel (ad hoc) bagi peranti sederhana, seperti PDA, telepon
seluler, atau laptop.
5. MOBILE
COMPUTING DAN MOBILE COMMERCE
Komputasi
mobile didesain untuk pekerja yang melakukan perjalanan diluar batas
organisasinya atau bagi setiap orang yang melakukan perjalanan diluar rumah. Menjadikan
komputer cukup kecil agar mudah dibawa-bawa. Peralatan komputasi mobile adalah
seperti PDA, laptop, peralatan genggam.
Komputasi
mobile membuat komputer cukup kecil agar mudah dibawa-bawa, menggantikan kabel
dengan media komunikasi nirkabel. Kombinasi keduanya menggunakan peralatan
mobile di dalam lingkungan nirkabel (internet atau intranet).
Perdagangan
mobile atau mobile commerce merupakan perdagangan yang dilakukan dalam
lingkungan nirkabel khususnya menggunakan internet.
Mobile
commerce memiliki atribut khusus, antara lain :
1. Mobilitas
: Portabilitas, pengguna dapat melakukan kontak langsung dengan sistem lain
dari mana saja yang memiliki koneksi internet.
2. Jangkauan
Luas : Pengguna dapat terjangkau kapan dan di mana saja.
6. KOMPUTASI
PERVASIVE
Komputasi
pervasive adalah lingkungan yang menggunakan basis IT yang sudah menyatu, dan
dipakai sehari-hari sehingga kebanyakan orang tidak menyadarinya.
Aplikasi
dari pervasive computing antara lain :
1. Smart
homes
2. Smart
applications
3. Smart
cars
4. Smart
“things”
5. Large
Scale Pervasive Systems
7. KEAMANAN
NIRKABEL
Jaringan
WLAN menggunakan jaringan media komunikasi berupa gelombang elektromagnetik
yang tidak dibatasi ruang tetapi hanya dibatasi oleh daya pancar gelombang
elektromagnetik tersebut. Dalam hal ini klien mempunyai kebebasan dalam
menangkap isyarat data di sembarang tempat yang dapat dijangkau gelombang
tersebut.
Berikut
metode keamanan untuk jaringan nirkabel :
1. Wired
Equivalent Privacy : Metode untuk menghentikan intersepsi isyarat gelombang
elektromganetik oleh user yang tidak berhak. Metode ini dilakukan dengan cara memberi
semua klien dan access point dengan kunci enkripsi dan deskripsi yang sama.
2. Service
Set Identifier : Metode yang dilakukan dengan cara memberi suatu SSID yang
berlaku sebagai password sederhana yang memungkinkan suatu jaringan WLAN
dipisahkan dalam beberapa network yang berbeda. Pengenal ini deprogram dalam
access point, sehingga semua klien yang akan mengakses jaringan ini harus
dikonfigurasi menggunakan pengenal SSID yang sesuai.
Comments
Post a Comment